Pendidikan Berakhlaq dan Berkualitas

Pendidikan Indonesia saat ini mengalami trauma, dan tragedi yang memperhatinkan, contohnya siswa, guru, dan orang tua merasa resah, gelisah diakhir tahun pelajaran, menantikan apakah anaknya lulus atau tidak. apakah hal ini akan berlanjut terus-menerus?… Ketika anak sudah lulus dari suatu sekolah orang tua yang tadinya resah, kemudian menjadi lega, tetapi apa yang terjadi pada anaknya?, ternyata anak yang lulus itu melakukan aksi yang benar-benar bertentangan dengan nilai-nilai agama, dan norma budaya bangsa, misalnya corat-coret baju, trek-trekkan, sks bebas, dugem, mabuk, dan sebagainya. Kejadian ini membuktikan bahwa pendidikan yang berakhlaq pada bangsa ini masih belum sesuai dengan harapan dan tujuan pendidikan nasional, maka Bagaimanakah mental anak bangsa ini selanjutnya. dan mau dibawa ke mana generasi bangsa ini? Maka untuk itu diperlukan solusi berbagai pakar pendidikan dalam merancang suatu pendidikan yang berakhlaq dan berkualitas. Untuk mewujudkan itu maka yayasan Bani Hasyim, membentuk lembaga pendidikan Islam yang bernama Masjidil ‘Ilm Bani Hasyim terdiri dari KB, TK, SD Bertaraf Internasional Bani Hasyim Singosari Malang, dengan visinya mewujudkan insan ulil albab yang berakhlaq karimah. Melakukan kegiatan pembelajaran yang mengacu pada nili-nilai keIslaman, keimanan dan ketaqwaan, akhlaqul karimah dan amaliah berintegrasi serta sinergis dengan ilmu pengetahuan, dan teknologi. Melalui pendekatan, strategi dan metode pembelajaran yang menyenagkan, bermakna, dan sesuai dengan psikologis dan perkembangan jiwa anak dengan mengedepankan praktik, keteladanan, dan pembiasaan, serta aplikasi teori sebagai pengantar menuju kebenaran secara ilmiah dan seuai dengan realitas sosial masyarakat. Sehingga diharapkan siswa mampu mengembangkan dan membawa dirinya dimanapun ia berada dengan tertanamnya nilai-nilai keimanan, ketaqwaan, akhlaqul karimah dan amlaiah. Misalnya di dalam pembelajaran peradaban, teknologi, dan kebudayaan yang dikembangkan di lembaga Masjidil ‘Ilm Bani Hasyim yang dirancang khusus oleh direkturnya yaitu Aji Dedi Mulawarman, S.P.,M.SA. sebagai mata pelajaran sentral dan utama untuk menjembatani seluruh mata pelajaran agar terintegrasi dan pada dalam satu kesatuan yang utuh, sehingga anak tidak berpikir terpisah-pisah antara dunia dan akhirat (berpikir sekuler). Dari mata pelajaran tersebut anak diajak langsung berinteraksi dengan dunia nyata dan diimplentasikan dengan topik pembelajaran misalnya tema profesi, maka siswa diajak ke berbagai profesi, seperti, pedagang, TNI, dokter,dll untuk mengamati dan mewawancarai bagaimana sikap atau akhlaq profesi tersebut, kemudian ilmu apa yang harus dimilikinya. Hal ini diharapkan siswa nantinya kelak dapat mencapai cita-cita atau profesi yang diingankan dengan bekal keimana, keilmuwan, amaliah dan berakhlaq karimah. Amin melalui lembaga pendidikan ini diharapkan dapat mencetak manusia penerus bangsa yang ulil albab, dan tidak tidak ada koruptor di negeri tercinta ini!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s