PENELITIAN TINDAKAN Penelitan Tindakan (ACTION RESEARCH)

BILANGAN

Kata Kunci: penelitian tindakan, penelitian tindakan kelas.

Alternatif penelitian ilmiah yang secara langsung dapat memberikan

sumbangan bagi peningkatan kualitas praktik kependidikan adalah penelitan

tindakan. Perpaduan antara istilah penelitian dan tindakan menggambarkan

ciri esensial dari pendekatan ini, yaitu mencoba menerapkan ide-ide atau

pemikiran kedalam praktik sebagai sarana pengembangan dan peningkatan

pengetahuan tentang sesuatu. Misal penelitian tindakan kelas merupakan

perbaikan praktik .

Manfaat Penelitian tindakan kelas yaitu untuk mengembangkan pemikiran dan peningkatan pengetahuan serta praktik kependidikan dan pembelajaran. hasilnya digunakan untuk mengembangkan sekolah dan kelas, serta artikulasi secara tepat dan justifikasi terhadap rasionalisasi pendidikan yang dilakukan. Stenhouse secara cermat menekankan bahwa penelitian tindakan seharusnya tidak hanya melakukan praktik namun juga sebuah teori pendidikan dan pembelajaran yang dapat diakses ke guru-guru lain. Sehingga penelitian tindakan merupakan suatu cara untuk menggabungkan teori dan praktik menjadi satu kesatuan.

Dalam penelitian tindakan kelas merupakan metode yang tepat untuk melakukan perbaikan berbagai masalah di bidang pendidikan. Prosedur umum, dalam penelitian tindakan dengan memberikan kerangka dasar dan fleksibel. (Woods, 1989), yaitu tahap pertama mencakup identifikasi, evaluasi, dan formulasi masalah, tahap kedua meliputi diskusi awal dan negosiasi antara para pihak-pihak yang berkepentingan, tahap ketiga meliputi review literatur riset untuk menemukan apa yang dapat dipelajari dari studi banding, tujuan, prosedur, serta masalah yang dihadapinya, tahap keempat meliputi sebuah modifikasi atau redefinisi pernyataan awal tentang masalah pada tahap satu, tahap kelima berkaitan dengan seleksi prosedur penelitian sampling, administrasi, pilihan material, metode pembelajaran, alokasi sumber dan pekerjaan, penyebaran staf dan lain sebagainya, tahap keenam berhubungan dengan pilihan prosedur evaluasi yang digunakan dan perlu mempertimbangkan bahwa evaluasi dalam konteks ini akan ditindaklanjuti, tahap ketujuh mencakup implementasi proyek itu sendiri (selama rentang waktu yang bervariasi). tahap kedelapan meliputi interpretasi rata; penarikan inferensi atau kesimpulan; dan evaluasi menyeluruh terhadap proyek itu

Konsep Dasar

Penelitian kuantitatif  gagal menjawab persoalan praktis yang dihadapi guru, sebab lebih cenderung untuk menemukan dan memformulasikan kaidah-kaidah umum. Para pemerhati pendidikan telah menemukan alternatif penelitian ilmiah yang secara langsung dapat memberikan sumbangan bagi peningkatan kualitas praktik kependidikan yaitu penelitan tindakan.
Pendidik memilih pendekatan kualitatif (penelitian tindakan) yang dilandasi oleh:

  1. pemahaman objek sangat tergantung perspektif dan penafsiran
  2. pemahaman objek dilakukan dalam konteks
  3. menggunakan sudut pandan subjek
  4. perilaku manusia tidak lepas dari budayanya

Sejarah  

  1. Pada tahun 1940 gerakan penelitian tindakan dalam pendidikan diprakarsai di Amerika Serikat,
  2. 1920-an sudah muncul di negara itu dengan dipakainya metode ilmiah terhadap studi masalah pendidikan,
  3. Menumbuhkan perhatian dalam interaksi kelompok dan proses kelompok, dan gerakan progresif yang muncul.
  4. Penelitian tindakan adalah hasil langsung dan logis posisi progresif. Setelah menunjukkan anak-anak tentang bagaimana bekerjasama untuk memecahkan beberapa masalah, Selanjutnya para guru memakai metode yang mereka ajarkan kepada anak didiknya, untuk belajar memecahkan masalahnya sendiri secara kreatif. (Hodgkinson, 1957).

Penelitian Tindakan dan Terapan

  • Penelitian tindakan dan penelitian terapan keduanya sama menggunakan metode ilmiah.
  • Penelitian terapan terkait dengan penguatan hubungan dan pengujian teori. Penelitian terapan memanfaatkan kondisi dari metode. Dengan tujuan mempelajari sejumlah besar kasus dan menetapkan kontrol atas beberapa variabel sebanyak mungkin; teknik sampling yang tepat; dan persoalan serius dalam menggeneralisasikan penemuan-penemuannya untuk situasi sebanding. Penelitian terapan tidak berarti memberikan kontribusi langsung berupa pemecahan masalah.
  • penelitian tindakan berlawanan menginterpretasikan metode ilmiah pada pemecahan masalah, dengan tujuan bukan saja untuk memperoleh pengetahuan ilmiah yang dapat digeneralisasikan sebanyak pengetahuan yang tepat untuk situasi dan tujuan khusus.

Ciri Penelitian Tindakan

  1. penelitian tindakan bersifat situasional;
  2. mendiagnosa sebuah masalah dalam konteks khusus dan berusaha untuk memecahkannya dalam konteks itu;
  3. bersifat kolaboratif beberapa tim peneliti dan praktisi bekerjasama dalam sebuah proyek;
  4. bersifat partisipatif anggota-anggota tim mengambil bagian langsung atau tidak langsung dalam mengimplementasikan penelitian; dan
    bersifat evaluasi diri secara terus-menerus dalam situasi yang berkelanjutan.

Tujuan Penelitian

  1. Sebagai alat untuk memperbaiki masalah-masalah yang didiagnosis dalam situasi khusus, atau untuk memperbaiki beberapa hal dalam lingkungan sekitar;
  2. Sebagai alat training in-service, yang dapat memperlengkapi guru dengan skill dan metode baru, mempertajam kekuatan analitisnya dan mempertinggi kesadaran dirinya;
  3. Sebagai alat untuk memasukkan pendekatan tambahan atau inovatif terhadap sistem pembelajaran yang berkelanjutan yang biasanya menghambat inovasi dan perubahan;
  4. Sebagai alat untuk memperbaiki komunikasi yang buruk antara guru dan peneliti akademis, dan memperbaiki kegagalan penelitian tradisional untuk memberikan persepsi yang jelas;
  5. Meskipun kurang memiliki penelitian ilmiah sebenarnya; namun ini dapat menjadi alat untuk memberikan alternatif yang bagus bagi pendekatan yang lebih subyektif, impresionistik terhadap pemecahan masalah di ruang kelas.

Penelitian Tindakan Kelas 

  1. Penelitian tindakan kelas adalah sebagai metode yang penggunaannya dari guru untuk mencoba cara baru dalam pembelajaran.
  2. Para prktisi dapat terlibat langsung dalam penelitian dan menggunakannya dalam latar sekolah.
  3. Penelitian tindakan umumnya diarahkan pada kebutuhan praktis dalam kependidikan

Manfaat PTK

  1. Untuk mengembangkan pemikiran dan peningkatan pengetahuan serta praktik kependidikan dan pembelajaran.
  2. Hasilnya digunakan untuk mengembangkan sekolah dan kelas, serta artikulasi secara tepat dan justifikasi terhadap rasionalisasi pendidikan yang dilakukan.
  3. Stenhouse secara cermat menekankan bahwa penelitian tindakan seharusnya tidak hanya melakukan praktik namun juga sebuah teori pendidikan dan pembelajaran yang dapat diakses ke guru-guru lain.
    Sehingga penelitian tindakan merupakan suatu cara untuk menggabungkan teori dan praktik menjadi satu kesatuan. ide-dalam-praktik.

Pelaksana PTK 

  1. Guru yang mengajar sendiri di ruang kelasnya. (bersifat praktis)
  2. Kelompok guru yang bekerja secara kooperatif didalam satu sekolah. (bersifat kooperatif)
  3. Guru atau Kelompok Guru Bekerjasama dengan Peneliti atau Beberapa Peneliti (bersifat kolaboratif)

5 responses to “PENELITIAN TINDAKAN Penelitan Tindakan (ACTION RESEARCH)

  1. bos coba dikasih contoh PTKnya ini kita masih buta, saya lihat di berbagai Blok, peneliti hanya para guru SLTP<SMU<dan Para DOZEN,saya guru SD yang ingin maju juga coba dikasih contohnya .

  2. mat,malam. saya skrg dalam penelitian tindakan kelas. sya meminta tlg dikasi pengertian dan penjelasn nya tentang metode ini dengen daftar rujukannya . trimd

  3. saya guru PKN yang diberi tugas tambahan sebagai Kep sek ingin menlakukan tindakan kelas. mohon berikan cotoh PTK PKN SMP

  4. malem, saya guru SMK, mohon diberi penjelasan detil tentang metode penelitian tindakan dan contohnya, makasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s