“Kalau Tidak Menerangkan Bukan Guru”

Bu/ pak guru gimana cara menjawab soal ini. ” ah kamu gini aja gak bisa” kata guru. kemudian si guru menjelaksan panjang…. dan lebar…., udah kamu ngerti? sudah pak “jawab siswa” sambil menggaruk-garuk kepala menandakan kebingungaannya. Hal ini contoh paradigma pendidikan saat ini, sehingga muncul selogan ” kalau tedak menerangkan bukan guru”. tetapi pemerintah menghimbau adanya paradigma baru yaitu siswa sebagai subjek aktif, kreatif, inovatif, untuk memunculkan ide, gagasan, dalam kegiatan pembelajaran. tetapi kenyataan di berbagai sekolah guru sulit untuk diajak berubah.  Maka dari perubahan datangnya dari guru itu sendiri. Dimana guru diharapkan dapat memunculkan karakter anak sesuai bakat dan minat yang dimilikinya. Melalui berbagai model pembelajaran yang efektif guru dapat menggali imajinasi siswa dengan berbagai pertanyaan yang mampu mengarahkan siswa belajar dengan bermakna. Meskipun demikian hal ini sulit dilaksanakan, karena sosok guru, seolah-olah merupakan sumber ilmu dan paling pandai di kelas. Guru cenderung masih sering bicara atau menerangkan dianding mengarahkan agar siswa mampu belajar mandiri. untuk itu sebaiknya bagaimana seorang guru mampu menyusun pertanyaan yang dapat mengerahkan siswa dalam belajar, karena melalui pertanyaan-pertanyaan diharapkan siswa dapat menjawab dan melaksanakan kegiatan yang mengasyikkan dan berusaha untuk menemukan dan menyimpulkan apa yang telah dipelajarinya. Insyaallah dengan cara tersebut guru juga mampu mengases berbagai siswa dan memahami sejauh mana siswa tersebut berpikir dan memahami materi.

4 responses to ““Kalau Tidak Menerangkan Bukan Guru”

  1. Guru yang baik, jika tidak tahu..akan menjawab mari nak..kita cari jawabannya bersama-sama

  2. Dunia pendidikan kita sedang berproses….hanya kita berharap proses kearah yang diinginkan tidak terlalu lama……..

  3. berusaha agar siswa aktif, saya bersaha untuk menerapkannya. akan tetapi entah mengapa mungkin cara saya yang salah atau apa, karena pada saat pembelajaran berlangsung anak-anak malah terlihat bingung, karena proses pembelajarannya yang berbeda…..

  4. Tulisan saudara sangat bagus, tapi coba kasih contoh cara guru memotivasi siswa agar dapat belajar mandiri ?

Leave a reply to agusampurno Cancel reply